Check out the Latest Articles:

Jumat, 10 Februari 2012

Nina van Gorkom





http://www.abhidhamma.org/picnina.jpg

van Gorkom, Nina (1928- )

Nina van Gorkom lahir pada tahun 1928 dari keluarga intelektual sosialis. Ayahnya adalah seorang anggota parlemen Belanda. Ia belajar di Universitas Leiden dan selama waktu ini ia menjadi katolik. Pada tahun 1952, ia menikah Lodewijk van Gorkom, seorang diplomat Belanda.

Pada tahun 1965, Lodewijk telah ditugaskan ke Thailand dan Nina mulai belajar bahasa Thailand. Dia menaruh minat pada Buddhisme, dengan menghadiri kelas untuk orang asing di Wat Mahathat. Di sana dia bertemu,
Boriharnwanaket Sujin pada musim panas 1966.

Terkesan oleh kedalaman ajaran Buddha, ia menjadi yakin akan kebenaran kata-kata Buddha dan kemudian dibantu Khun Sujin dalam diskusi tentang Buddhisme untuk stasiun radio Thailand. Pembicaraan ini kemudian diterbitkan dalam bentuk buku pertamanya, "Buddhisme di Kehidupan Sehari-hari".

Nina dan Lodewijk meninggalkan Thailand pada tahun 1970 dan tinggal di Jepang, New York, Indonesia (di mana Lodewijk adalah duta besar Belanda) dan Austria. Lodewijk pensiun pada 1990 dan mereka sekarang tinggal di Den Haag di Belanda.

Tulisan Nina terkenal di kalangan umat Buddha berbahasa Inggris, dan dia sangat dihormati di Thailand di mana beberapa buku-bukunya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Thai dengan (setelah cetak ulang banyak) lebih dari seratus ribu eksemplar sekarang. Buku-bukunya juga telah diterjemahkan di Sri Lanka, Indonesia, Nepal, dan Jerman.


[Source: "Interview with Nina van Gorkom, September 1999, by Robert Kirkpatrick," Abhidhamma.org]
(
http://www.abhidhamma.org/interview%20with%20nina.html)

Download for Nina's Book ...

Buddhism In Daily Life
http://www.archive.org/download/BuddhismInDailyLife/bdl.pdf

Abhidhamma In Daily Life
http://www.archive.org/download/AbhidhammaInDailyLife/abh.pdf

Introduction To The Abhidhamma
http://ia700609.us.archive.org/5/items/IntroductionToTheAbhidhamma/iabh.pdf

Cetasikas
http://ia600606.us.archive.org/32/items/Cetasikas/cet.pdf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar