Check out the Latest Articles:

Sabtu, 16 April 2011

ARTI NIBBANA

Arti Nibbana

[CENTER]Dhamma yang Kucapai ini begitu dalam, sulit dilihat dan sulit dipahami, damai dan luhur, tak tercapai oleh penalaran semata, halus dan untuk dialami oleh yang bijak. Tetapi para makhluk ini berbahagia dalam kemelekatan, bersenang-senang dalam kemelekatan, dan bersukacita dalam kemelekatan. Sulit bagi makhluk tersebut untuk melihat kebenaran ini, yakni, pengkondisian spesifik, musabab yang saling bergantung. Dan sulit untuk melihat kebenaran ini, yakni, keheningan semua perwujudan, pelepasan semua kepemilikan, penghancuran nafsu, ketidakmelekatan, pemadaman, Nibbana.

- Buddha, sesaat setelah pencerahan-Nya.


Banyak orang yang tidak memahami konsep Nibbana dengan benar. Saya pribadi berpendapat Nibbana lebih tepatnya adalah merupakan suatu 'kondisi', bukan mengacukan pada 'tempat'.
Marilah kita bersama-sama mencoba memahami apa arti kata Nibbana dalam ajaran Buddha. Berikut ini adalah kutipan dari buku "Superpower Mindfulness" karya Ajahn Brahm, semoga bermanfaat.


Tiga pelukisan tentang Nibbana, yang semuanya dari Buddha:
1. Nibbana adalah kebahagiaan tertinggi
2. Nibbana adalah akhir sepenuhnya dari dari nafsu indrawi, niat buruk dan delusi.
3. Nibbana sebagai pemadaman tanpa sisa dari proses tubuh dan pikiran.

Beberapa poin uraian dari Ajahn Brahm adalah sebagai berikut:

1. Kebahagiaan tertinggi
Apa kebahagian tertinggi yang pernah Anda rasakan? Narkoba? Seks? Musik? Jatuh cinta? Anda akan menemukan kebahagiaan jhana mengungguli semuanya. Jhana menghempaskan seluruh konsep lama kita mengenai makna kebahagiaan. Jhana memberikan pandangan cerah mendalam tentang kebahagiaan. Dan jhana kita melaju ke suatu kebahagiaan yang sedikit lebih tinggi, dan itu adalah Nibbana.

Catatan: Jhana adalah suatu proses pencapaian dalam meditasi Vipasanna yang mendalam, yang terdiri atas 4 tingkatan.

2. Akhir sepenuhnya dari dari nafsu indrawi, niat buruk dan delusi
Ajahn Brahm menggambarkannya dengan 5 anak yang melakukan permainan permohonan.

Anak ke-1: Jika aku mempunyai permohonan, aku akan minta es krim coklat.
Anak ke-2: Jika aku mempunyai permohonan, aku akan minta pabrik es krim.
Anak ke-3: Permintaanku adalah mempunyai uang milyaran dollar sehingga aku bisa beli pabrik es krim sendiri, toko permen, dan restoran cepat saji. Dan aku masih mempunyai banyak uang yang tersisa untuk membeli apapun yang kuinginkan.
Anak ke-4: Jika aku mempunyai permohonan, maka aku akan meminta tiga permohonan! Denagn permohonan pertama aku akan meminta pabrik es krim, permohonan kedua aku akan memperoleh milyaran dollar, dan permohonan ketiga aku akan meminta tiga permohonan lagi. Dengan cara itu, aku bisa memohon selamanya.
Anak ke-5: Jika aku mempunyai permohonan, aku akan minta supaya aku begitu puas sehingga aku tidak pernah memerlukan permohonan apapun lagi.

Anak terakhirlah yang menang, seperti halnya mereka yang duduk tenang dengan sempurna, memenangkan balapan umat manusia.
Dia paham bahwa kebahagiaan tertinggi, Nibbana adalah akhir sepenuhnya dari nafsu indrawi, niat buruk, dan delusi. Ujung-ujungnya, Nibbana adalah kepuasan hati, kebebasan dari hasrat.

3. Pemadaman tanpa sisa dari tubuh dan pikiran
Pada zaman kehidupan Buddha, kata Nibbana adalah kata umum yang biasa digunakan untuk menyebut lampu minyak yang padam. Ketika minyak yang terpakai habis, atau sumbu telah terbakar habis, atau angin telah memadamkan api.
Nibbana adalah kata yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan akhir tak tersisa dari proses alamiah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar